Sunday, December 3, 2023

Kesan dan pesan mereka tentang MSP X

 Oleh : Nawang Wulan, Nur Aini,  Jeffy Imannuel , KP3 Primata Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada

 

Berakhirnya MSP X membawa kesan tersendiri bagi peserta yang terlibat didalamnya, berikut ini kesan dan pesan mereka tentang Pelatihan Metode Survei Primata X

Ms. Yan Lu-, sebagai pembicara tamu, mendapat bingkisan
Owa Coffee dari mas Arif Setiawan

Diawali kesan oleh salah satu pemateri MSP X dari Cloud Mountain Conservation Faoundation-China dan Peneliti dan penggiat konservasi Owa Jambul Hitam (Black crested gibbon), Nomascus hainanus, Ms Yan Lu, beliau menyampaikan bahwa memiliki merupakan suatu yang sangat disyukuri dapat mengikuti kegiatan lapangan bersama Swaraowa, apalagi memiliki lokasi stasiun riset yang dikelola sendiri merupakan mimpi bagi Ms Yan Lu kedepannya, menjadi pembicara merupakan pengalaman yang menyenangkan. Bahkan beliau berharap kedepannya akan ada pertemuan-pertemuan selanjutnya mungkin di lokasi pengamatan yang berbeda. Kesan Ms Yan Lu terhadap peserta MSP X ini beliau menyampaikan bahwa mereka memiliki tekad dan kemauan untuk belajar mengenai primata khususnya Owa. Pesan dan harapan juga disampaikan untuk MSP selanjutnya yaitu agar dapat diadakan pelatihan ke China sebagai bentuk pembelajaran culture dan habitat owa selain di Indonesia.

Mas Tutus, dari FFI Kalimantan Barat


Kesan berikutnya disampaikan oleh Tutus Ageng Dwi P. perwakilan dari Flora & Fauna /FFI Kalimantan Barat,  yang kerap disapa Om Tutus selama di MSP X “Sangat menyenangkan sekali, dapat banyak pengalaman yang belum pernah diperoleh sebelumnya, banyak hal-hal yang baru seperti mengenal owa lebih dalam dan teknik survei tentang owa jawa itu sendiri”

Risdo, dari Universitas Palangkaraya


Hal tersebut dibenarkan oleh perwakilan dari Universitas Palangka Raya, Erisdo Ariweis katanya “Menambah wawasan, belajar lebih dalam, menambah teman, bisa lapangan bareng-barenf, tertawa bareng-bareng, mengerjakan tugas akhir bareng-bareng. Semoga msp kedepannya makin maju dan pelestarian tentang owa lebih dikedepankan lagi, terutama di petungkriyono, di Swaraowa”

Vidia dari Biolaska-UIN Yogyakarta

Kesan dan pesan berikutnya disampikan oleh Vidia Fadilah Rosyid dari Biolaska “Sangat menarik karena pelatihan yang pembelajarannya sangat efektif dimana di awal diberikan pemateri terlebih dahulu kemudian praktik dan melanjutkan untuk melakukan analisis data. Menurut saya ga akan mendapat pengalaman ini di tempat praktik owa lain/ konservasi owa lain. Harapannya kegiatan ini akan tetap ada dan semoga lebih baik lagi, ditingkatkan, pembaruan analisis data dan teknik bisa ada. Mungkin ada teknik/ metode lain yang dapat diterapkan di konservasi owa. Harapannya ada pembaruan di kegiatan ini”

Kang Eman- Baraya Sanggabuana

Kesan selanjutnya disampaikan oleh Kang Eman (begitu beliau akrab disapa) perwakilan dari Baraya Sanggabuana “Sangat senang terutama cuaca disini masih asri sekali dari di tempat saya tinggal, suhunya dingin. Untuk materi cukup puas dengan yang disampaikan. Menambah pengalaman, sharing bersama dengan peneliti-peneliti dari luar Jawa. Mendapatkan teman baru dari Aceh, Sumatera, Kalimantan. Itu menjadi referensi untuk saya mendapatkan banyak ilmu baru. Sebelumnya belum mengerti bagaimana teknik mengamati owa jawa, setelah pelaksanaan kegiatan ini bisa kemudian diterapkan pada agenda kegiatan saya di sekitar tempat tinggal"

Hidayatullah -Universitas Global Mandiri-Palembang


Kesan lain disampaikan oleh Hidayatullah perwakilan dari Universitas Indo Global Mandiri - Palembang, bahwa ini adalah pengalaman pertama kalinya mengikuti pelatihan survei owa, bahkan Hidayatullah sendiri sebelumnya belum mengetahui tentang owa jawa sehingga selesai kegiatan MSP X semakin menguatkan keinginannya untuk mempelajari owa jawa bahkan primata lainnya.

Seprianus dari Mentawai


Begitu juga bagi Seprianus perwakilan peserta dari Mentawai “Semoga kedepannya MSP bisa dijalankan setiap tahun. Sangat berterima kasih. Sangat bersemangat mengikuti MSP dan sangat hepiii”

Fatimah -Universitas Andalas, Padang Sumatera Barat


Pesan lain disampaikan oleh Fatimah dari Museum Zoologi, Universitas Andalas  “Bersyukur bergabung dalam pelatihan MSP X. Bisa bertemu teman dari berbagai wilayah habitat owa, Aceh, Medan, Jambi, Palembang, dan berkumpul disini bisa sharing dari berbagai habitat owa lainnya. Kita disini belajar tentang pelatihan, metode, dan analisis terbaru seperti bioakustik dan triangulasi menggunakan Google maps pro, arcgis. 

"MSP X , LESTARI ALAMKU, LESTARI OWAKU “

Masing-masing peserta memiliki kesan dan pesannya masing-masing. Kami saling bertukar cerita tentang owa, mengenal satu sama lain dari berbagai wilayah yang berbeda, bekerja sama dalam tim yang luar biasa, serta bersama-sama dalam petualangan yang hebat!

 

No comments:

Post a Comment