Monday, April 22, 2024

Bokkoi, primata endemik Mentawai mencoba selfie dengan camera trap

 oleh Arif Setiawan

Bokkoi ( Macaca siberu)

Primata mentawai dengan segala keunikannya sudah seharusnya menjadi perhatian banyak pihak, 6  jenis primate endemik hanya ada di temui di Kepulauan Mentawai, Bilou – (Hylobates klossii), Bokkoi (Macaca siberu),Siteut ( Macaca pagensis), Atapaipai ( Presbytis potenziani), Joja ( Presbytis siberu), dan Simakobu ( Simias concolor), yang terakhir ini bahkan endemic di level genus- monotypic genus.  

Status konservasi ke-6 primata ini,terancam punah semuanya bahkan simakobu sudah masuk kategori kritis, artinya apabila tidak ada internvensi  konservasi sangat mungkin primata-primata asli kepulauan Mentawai ini akan punah.

Malinggai Uma Mentawai, sebagai salah satu organisasi sosial Masyarakat telah dan sedang menginisiasi pelestarian primata Mentawai dengan melakukan monitoring rutin dengan menggunakan camera jebak.

Pemasangan camera jebak oleh tim Malinggai Uma

Sejak bulan awal tahun ini, swaraowa berkolaborasi dengan tim malinggai uma mentawai di siberut untuk memantau jenis-jenis primata Mentawai, khususnya untuk jenis yang sering turun ketanah. Bokkoi  atau beruk Mentawai meskipun hidup dalam kelompok yang relative besar namun perjumpaan langsung melalui kegiatan survey sangat rendah sekali  encounter rate-nya, karena mereka telah mengalami tekanan yang tinggi dari perburuan, sehingga ketika mendeteksi keberadaan manusia langsung secepatnya lari dan bersembunyi. Namun mereka  biasanya kadang bisa kita deteksi dari jejak-jejak sisa-sisa makanan, dan suara  dan  pergerakannya. 

Kelompok Bokkoi sedang makan di depan camera

Tim Malingai Uma Mentawai di Siberut, telah mencoba memasang camera trap untuk mendeteksi keberadaan Bokkoi, camera ini di pasang di hutan di siberut Selatan, selama dua minggu, tujuannya adalah mencoba melihat ukuran kelompok dari Bokkoi, ada berapa jumlah individu bokkoi dalam satu kelompok.

Pemasangan di bulan Maret 2024 oleh tim Malinggai menggunakan umpan yang di letakkan di depan camera trap, berupa batang sagu dan buah cempedak hutan, sebelum pemasangan lokasi terlebih dahulu di survey, dan keberadaan Bokkoi telah terdeteksi dari suara , jejak dan sisa sisa makannya yang ditinggalkan.

Kamera dipasang selama kurang lebih dua minggu, dan menggunakan mode video dan berhasil mendapatkan video 2 jenis primata yaitu Joja dan Bokkoi.

 Joja ( Presbytis siberu)


No comments:

Post a Comment