Wednesday, September 20, 2023

Sekolah Eksplorasi ke 1

 Oleh Fanny Sukma Sundari


Pada tanggal 27 Agustus 2023, SwaraOwa bersama mahasiswi Biologi pascasarjana Universitas Gadjah Mada mengadakan sebuah kegiatan eksplorasi yang bertajuk “Belajar lebih dekat dengan alam”. Kegiatan ini ditujukan untuk adik-adik sekolah dasar yang ada di Dusun Sokokembang, Desa  Kayupuring, Sokokembang, Petungkriyono. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kepedulian adik-adik terhadap hutan dan lingkungan sekitar. Ada tiga objek utama yang menjadi tujuan eksplorasi yaitu burung, kupu-kupu, dan capung.

Kegiatan ini dimulai dengan senam bersama dan pembagian kelompok. Setiap kelompok dibimbing oleh dua orang pendamping. Adik-adik dan pendamping diberi waktu sekitar satu jam untuk menemukan ketiga objek ekplorasi dengan alat tangkap berupa sweepnet (kupu-kupu dan capung), dan binokuler (pengamatan burung). Setelah berhasil menemukan objek ekplorasi, selanjutnya digambar dan dideskripsikan. Saat adik-adik menggambar, pendamping menjelaskan fungsi dari burung, capung dan kupu-kupu di alam. Objek yang telah ditangkap dilepas kembali. Sambil menunggu kegiatan eksplorasi, kita juga mengadakan lomba mewarnai bagi adik-adik usia dini yang turut serta dalam kegiatan sekolah eksplorasi ini.



Selain bertajuk alam, sekolah ekplorasi juga diselingi dengan kegiatan pengenalan permainan tradisional dengan tujuan agar adik-adik mampu mengenal permainan tradisional dan meningkatkan bonding di antara mereka. Permainan tradisional yang dikenalkan diantaranya engkleng, dan boyi-boyian. Seluruh peserta bermain dengan antusias. Para orang tua dari adik-adik juga turut memeriahkan acara dengan memberikan semangat dan tepuk tangan.

Setelah kegiatan ekplorasi di alam berakhir, setiap kelompok dikumpulkan dan dilanjutkan dengan kegiatan tanya-jawab dan pembagian hadiah. Peserta dibimbing untuk berani tampil ke depan dan menceritakan hasil eksplorasi kepada kelompok lain. Adik-adik yang dapat menjawab pertanyaan seputar kegiatan eksplorasi yang telah dilalui, diberi hadiah berupa buku dan alat tulis lainnya. Kegiatan eksplorasi ditutup dengan foto bersama.

No comments:

Post a Comment