Monday, October 29, 2018

"Mereka adalah Miliki Kita" Pameran Foto dari Habitat Owa

Acara International Gibbon Day inisiasi global yang mulai dari IUCN Gibbon Specialist Group di Kota Pekalongan  dilakukan dengan Pameran Foto, bekerjasama dengan komunitas PEKAOWA yang di bentuk berdasarkan keinginan tulus sekelompok anak muda di Kota Pekalongan berkontribusi melestarikan Owa jawa di habitat aslinya. Tanggal 27 Oktober 2018 mulai jam 6 Sore sampai selesai, di Taman Hortikultura Yosorejo Pekalongan, bergabung dengan komunitas-komunitas lainnya di Pekalongan dalam rangka malam Budaya dan Parade Juang, 90 tahun hari sumpah pemuda.

grafis yang di buat oleh Komunitas Peduli Kelestarian Owa Jawa Pekalongan-PekaOwa

Acara ini juga muncul secara sepontan saja, dari awalnya, Mas Ubaidillah adalah peserta pelatihan Metode Survey Primata (MSP), tahun 2016 dan Mas dan Anjar Prasojo perta MSP 2018,  yang hobi berkegiatan fotografi alam liar, mempunyai foto-foto keanekaragaman hayati yang di dapat di hutan Petungkriyono. Diskusi singkat akhirnya kita merencanakan pameran foto untuk tujuan mengenalkan kepada publik tentang species dan perlindungan habitat aslinya.
Anjar  Prasojo (kiri) dan Foto-foto yang di pamerkan.

Pameran ini bertema “ Mereka adalah milik kita”. Mencoba mengenalkan kepada masyarakatluas, bahwa Pekalongan, di tengah Pulau Jawa sebagai kesatuan bentang alam memiliki perwakilan tipe habitat yang lengkap, mulai dari laut, pantai,dataran rendah hingga ke pegunungan dataran tinggi. Masing-masing tipe habitat ini dihuni oleh species-species unik, yang istimewa. Primata adalah salah satunya, berada di Pekalongan sisi Selantan-Timur, hutan alam dari ketinggian 250 – 1900 mdpl. Owa, Lutung, Rekrekan dan Monyet Ekorpanjang, mewakili taxa yang  hidup dan berkembang di antara tingginya aktifitas manusia di wilayah ini. Mereka bertahan dan bertahan,juga mengalami ancaman.


antusias pengunjung dalam acara pameran foto " Mereka adalah Milik Kita"

Species-species istimewa ini juga punya peran penting, membantu regenerasi hutan alam, penyebar biji, sumber ilmu pengetahuan, sebagai identitas daerah diantara pergaulan global. Foto-foto ini adalah sebagian yang ada di hutan Pekalongan, hutan sebagai habitat,  mutlak  harus ada untuk mereka, para primata-bukan manusia. mereka butuh kanopi pohon untuk berayun, mereka butuh tempat bernaung dan ruang.Hutan tempat mereka hidup adalah sumber segala sumber kehidupan, air, udara, pemandangan indah,  sudah setiap hari kita nikmati, mereka para primata adalah milik kita, menjaga mereka tetap hidup di belantara adalah kewajiban kita.

Kegiatan pameran foto ini juga bertujuan mendorong pegiat-pegiat fotografi khususnya generasi muda dari wilayah sekitar habitat Owa agar supaya tampil didepan menyuarakan mereka hidupan liar dan habitat aslinya yang harus di perhatikan. Seperti mas Anjar Prasojo  yang berjuang untuk melestarikan Owa dan habitat aslinya dengan hasil-hasil fotonya. Beberapa foto yang di pamerkan adalah berikut ini, yang merupakan primata-primata asli Jawa dari Pekalongan:

Owa Jawa
Lutung jawa
Rekrekan

Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyiapkan acara pameran foto ini yang juga merupakan bagian dari kegiatan Kopi dan Konservasi 2018. 

No comments:

Post a Comment