Thursday, July 21, 2016

Kisah Owa di Konservasi Asia

 Akhir bulan juni tanggal 29 Juni -2 July 2016, adalah kesempatan kami mempromosikan kegiatan pelestarian primata endemik jawa (Owa Jawa) di forum internasional. Kali ini pertemuan 2 tahunan para  peneliti dan pegiat konservasi di wilayah Asia (ATBC dan SCB), yang berlangsung di National University of Singapore (NUS). Silahkan berkunjung ke link ini untuk acara ini Conservation Asia Pertemuan ini mejadi salah satu favorit kita untuk bergabung dengan komunitas global dalam menyuarakan upaya pelestarian primata di Indonesia dan khususnya Owa jawa. Conservation Asia 2016, kali ini tercatat 500 delegasi dari 37 negara yang hadi terdaftar sebagai peserta symposium.

Betemu dengan pegiat primata dari berbagai negara

Setelah beraktifitas dengan kegiatan lapangan kemudian menceritakan ke orang lain dalam forum resmi dari berbagai negara adalah suatu motivasi tersendiri, dan menjadi kebanggaan tersendiri dapat berbagi pengalaman kegiatan lapangan dalam berkontribusi untuk kelestarian hidupan liar yang sudah terancam punah . Tidak hanya untuk Owa jawa, tapi secara langsung presentasi ini juga mengenalkan kegiatan “Kopi dan Konservasi Primata” dari habitat aslinya Petungkriyono Pekalongan, Jawa Tengah .

Presentasi berjudul “ What Does Coffee have to Do with gibbon” adalah rangkuman cerita lapangan sejak tahun 2007 kita mulai penelitian Owa jawa di Jawa Tengah hingga 3 tahun terakhir ini kita mendorong kegiatan ekonomi untuk tujuan konservasi melalui produk hasil hutan  : kopi, gula aren dan madu sebagai media untuk mengajak melestarikan primata endemik Jawa.

Presentasi "Kopi dan Konservasi Primata" foto Oleh : H.A.Wahyudi

Forum ini juga menjadi media belajar kita, untuk upaya kegiatan serupa dari kisah sukses di negara lain.Banyak peneliti-peneliti, pegiat dan pemerhati lingkungan hadir dan mempresentasikan hasil-hasil ataupun penelitian dan kegiatan konservasi yang sudah dan sedang mereka jalani. Pilihan diskusi dan tanya jawab langsung di permudah dengan paralel symposium yang mana kita bisa memilih sesuai bidang yang kita minati.

Acara Pembukaan symposium Conservation Asia 2016

Selain mengenalkan Owajawa acara ini juga menjadi bagian dari marketing strategi untuk pelestarian primata dengan menggerakkan ekonomi dari sekitar habitat primata itu sendiri, Kopi Owa yang telah dan sedang kita kembangkan sebagai sustainable product ikut menjadi bagian dari presentasi kita. Produk-produk ini adalah hasil kerjasama kita dengan warga sekitar habitat primata yang menjadi bagian dari pengembangan Proyek Kopi dan Konservasi Primata. Lebih jauh tentang acara ini dapat di baca di link ini dan abstract presentasi kita dapat di download disini.
Mengenalkan Owa Jawa melalui produk kopi dari habitat Owa Jawa.



No comments:

Post a Comment